Sejarah Mesin Ketik

A. Sejarah Mesin Ketik

Kalau kita sedang mengetik, tentunya kita akan bertanya, siapakah sebenarnya    yang menciptakan alat yang di pergunakan untuk menggantikan pekerjaan menulis dengan tangan. Dengan adanya penawaran alat tersebut, sekarang kita dapat melakukan pekerjaan yang sifatnya tulis menulis dengan hasil yang baik dan lebih cepat lagi.

Mesin ketik atau mesin tik adalah sebuah mesin atau alat elektronik dengan    sebuah set tombol-taombol yang apabila ditekan dapat mencetak huruf atau karakter tertentu pada sebuah medium, biasanya berupa kertas. Dari awal penemuannya sebelum tahun 1870 sampai pada abad 20, mesin ketik banyak digunakan oleh para penulis profesional dan pekerja di kantor. Sejak saat itu, mesin ketik telah menjadi bagian dari bisnis perusahaan dan menjadi produk komersil di seluruh dunia. Walaupun masih populer dengan beberapa profesi, seperti penulis, mesin ketik fungsinya telah teralihkan dengan kehadiran mesin lain. Pada akhir tahun 1980, mesin pengolah kata dan komputer pribadi (personal computer) telah menggantikan fungsi mesin ketik di beberapa negara di dunia bagian barat. Walaupun demikian, mesin ketik masih digunakan di beberapa negara tertentu di dunia hingga saat ini.

Mesin tik mula-mula di ciptakan     oleh seseorang yang bernama Christopher L. Sholes pada tahun 1714. Sholes kemudian bekerja sama dengan Carlos Clidden dan Samuel W. Soule, mesin katik yang masih kasar it uterus dibuat lebih sempurna. Pada tahun 1868 didapatlah  hak “Patent”, untuk penemuan baru ini dan pada tahun 1874 untuk pertama kalinya mesin ketik dipamerkan di pasar-pasar, tetapi mesin ketik yang dipamerkan itu bentuknya masih sangat kasar dan huruf-hurufnya masih memakai huruf besar semua (Capaital), baru pada tahun 1877 dibuatlah mesin ketik yang memakai huruf besar dan huruf kecil.

13 tahun kemudian Remington Compaany sudah dapat membuat mesin tik yang memenuhi syarat-syarat untuk dipakai di kantaor-kantor. Pada tahun 1890 mesin-mesin ketik membanjiri kantor-kantor dan perusahaan-prusahaan. Mulai saat itulah tejadi perubahan baru, di mana para klerek menulis surat-surat atau laporan-laporan tidak lagi memakai tangan, tetapi di tulis dengan jalan diketik.

Bagaimana hasil yang di dapatkan  seandainya semua pekerjaan tulis menulis kita semua di lakukan dengan menulis tangan. Jelaslah bahwa waktu yang di perlukan lebih lama dan hasilnya pun tidak akan sebaik apabila di kerjakan dengan mesin tik. Baiklah kita memperhatikan orang-orang yang bekerja dalam menemukan mesin tik. Nama-nama yang tercantum di bawah ini adalah mereka, yang berjasa mulai penawaran yang pertama dan perkembangn-perkembangan untuk penyempurnaan sehingga mesin tik itu seperti yang kita kenal sekarang ini.

Ir. Henry Mill dari inggris pada tahun 1714 sudah merencanakan untuk dapat membuat sebuah mesin tik untuk menulis, tetapi rencana tidak dapat terwujud baru pada tahun 1868, oleh Christoper Latan Shoetes, Cartos Glidden dan Samuel W, Soule dari Amerika dapat mewujudkan rencana tersebut dapat membuat model mesin tik, dan mendapatkan hak patent dari pemerintah.

Pada abad ke 18 muncul berbagai mesin yang mirip mesin tik. Konstruksi mesin-mesin tik tersebut di antaranya ada yang menjadi dasar para oenemu atau pencipta selanjutnya.

Dalam sejarah perkembangan mesin tik dapat di kemukakan beberapa penemu/ pencipta antara lain :

  1. Guiseppe Ravizza dari Jerman pada tahun 1855, penemu pita mesin tik yang pertama   di dunia
  2. Pelle Grino Turri dari Italia pada tahun 1855, mempunyai andil dalam  perkembangannya sehimgga mesin tik dalam rekamannya menggunakan pita mesin sehingga dengan demikian hasilnya dapat di baca dengan mudah dan jelas.
  3. Jacob Peterson dari Denmark pada tahun 1885, juga termasuk orang dalam  penyempurnaan alat-alat mesin tik.
  4. Peter Mitter Hofer dari Austria pada tahun 1964, Menemukan atau menciptakan mesin tik yang di buat dari kayu.
  5. Karel Von Drois, dari jerman pada tahun 1820, mempunyai andil yang besar dalam perkembangan alat tersebut, sehingga alat-alat yang sejenis bermunculan di temukan, dalam hal ini mesin hitung.
  6. Antara tahun 1870 – 1900 ternyata model – model  yang di ciptakan berganti – ganti.  Tokoh – tokoh pencipta mesin tik yang tercatat di antaranya :

a.  Vos , Hall, hamond tahun 1880

b. Blickenderfan tahun 1893

c.  Dawgherty tahun 1890

d. Oliwer tahun 1890

Frister dan Rossman tahun 1892, Thomas Edison pada tahun 1872. Merupakan mesin tik yang di jalankan dengan aliran listrik tercatat sebagai pemegang patent. Akan tetapi di aplikasi baru di rintis pada tahun 1908 oleh Blickensdekfer. Mesin tik electric baru di minta para konsumen setelah perang dunia II.

Selain pencipta mesin tik di atas masih banyak lagi usaha pencipta lainnya, baik dari Eropa maupun Amerika. Dengan demikian berkembangnya pengetahuan dan teknologi hasil daya ciptaan para ilmuan dan teknologi, proses modernisasi terus berjalan, khususnya penciptaan model mesin tik pada abad 20 semakin mutakhir, baik mesin tik yang bekerja dengan tangan listrik dan secara otomatis (elektronik), bahkan computer telah banyak di gunakan di segala bidang usahanya, demikian pula dalam organisasi pemerintah maupun swasta yang sadar operasionalnya menggunakan computer itu adalah tuts tang harus di ketik atau di hentak oleh tangan. Akhirnya manfaat kelengkapan model ini dapat menyimpan dalam jumlah hentakan yang relative banyak.

B. Model Mesin Tik

Macam-macam model mesin tik yang dikenal sampai sekarang adalah :

  1.  Mesin Tik Standard (Standart Type Writer)

Jenis ini banyak dipakai dikantor untuk mengetik pada kertas double folio, bentuknya agak besar  dan berat

  1. Mesin Tik Portable (Portable Type Writer)

Bentuknya lebih kecil dan ringan, dan dilengkapi dengan tas atau koper kecil yang mudah dijinjing.

  1. Model Noisetes

Model ini tak bersuara saat digunakan, banyak dipakai di rumah sakit atau ruangan pimpinan kantor.

  1. Model Lisbik (Elektric)

Model ini dilengkapi daya litrik dengan menggunakan rol kertas untuk mengetik surat. Mesin tik ini dapat mengetik 2 ½ kali lebih cepat dari mesin tik biasa.

  1. Mesin Tik jarak jauh

Digunakan untuk mengetik berita dari jarak jauh. Keterangan yang diketik melalui mesin ini sama persis dengan  yang diterima pada mesin tik semacam itu pada jarak jauh.

C.Ukuran Mesin TiK

Panjang pendeknya gandaran mesin tik dibedakan atas :

1. Tik Gandaran Pendek

Gandarannya berukuran 9,11 dan 13 inchi, dimana 1 inchi 2,54 cm.

2. Mesin Tik Gandaran Sedang

Gandarannya lebih panjang dari badan mesin tik, biasanya berukuran 15, 18, 21 atau 24 inchi.

3. Mesin Tik Gandaran Panjang

Mesin tik ini mempunyai gandaran kira-kira 2 kali lebar badan mesin yang berukuran 27,36 Inchi atau lebih.

4, Mesin Ketik Portable

Ukuran mesin ketik kecil dan ringan sehingga dapat dibawa kemana saja. Mesin jenis ini dilengkapi dengan satu buah tutup yang menyerupai tas kecil

5. Mesin Ketik Semi Datar

Ukuran mesin ketik sedang dan memiliki komponen yang lebih lengkap dari jenis mesin ketik portable

5. Mesin Ketik Standar

Ukuran mesin ketik besar dan berat sehingga sulit dipindahkan. Mesin jenis ini mempunyai perlengkapan yang lebih sempurna dari kedua jenis mesin ketik lainnya.

D. Ukuran Huruf Mesin Tik

Besar kecilnya ukuran mesin tik dibedakan antara lain :

1. Mesin Tik Berhuruf Pica (Pica Type)

Mesin tik jenis ini bisa untuk mengetik 1 inchi ketikan memuat 10 huruf. Model huruf pica ini agak besar, dengan mengetahui jenis huruf ini, pengetika dpat menentukan berapa banyak hentakan-hentakan yang dimuat pada keras yang dipakainya.

2. Mesin  Tik Berhuruf Elite(Elite Type)

Mesin tik yang ukuran hurufnya lebih kecil dari jenis pica dan tiap 1 inchi ketikan memuat 12 huruf. Dengan kertas kuarto na folio akan dapat diketahui berapa jumlah hentakan huruf yang dimuatnya.

4 thoughts on “Sejarah Mesin Ketik

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s