Mesin Hitung Uang

Pengertian Mesin hitung Uang

 Mesin penghitung uang adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menghitung berapa banyak  jumlah uang( logam maupun kertas) yang ingin di hitung.Mesin ini biasa digunakan pada jasa perbankan. Karena mesin ini sangat mempermudah teller dalam menghitung jumlah uang yang banyak. Dibandingkan dengan menghitug uang secara manual dengan mesin penghitung uang ini dapat cepat dan praktis.

Mesin hitung uang ada dua jenis yaitu :

  1. Mesin hitung uang kertas type Portable adalah mesin yang memiliki kemampuan untuk menghitung uang kertas dan berbentuk relatif kecil  yang mudah untuk dibawa bila harus berpindah tempat. Mesin penghitung uang kertas type potable ada dua macam yang pertama adalah mesin hitung uang friction roll dan mesin hitung uang vacum. 1.1 Mesin hitung uang kategori friction adalah mesin hitung yang perhitungan uang dilakukan dengan meletakan uang pada bagian yang disediakan ( hal ini dapat dilakukan dengan melepaskan ikatannya terlebih dahulu) kemudian uang akan melalui bagian dalam mesin setiap lembarnya. Perhitungan uang dan deteksi dilakukan pada saat uang melewati bagian dalam mesin.Setelah perhitugan uang selesai dilakukan, jumlah nominal akan tertera pada layar yang tersedia. Mesin jenis friction mempunyai desain yang portable sehingga dapat leluasa bila mesin perlu berpindah tempat. 1.2 Mesin hitung uang kategori vacum adalah mesin hitung yang perhitungan uang dilakukan dengan meletakan uang pada bagian yang tersedia( dengan mesin vacum ini perhitungan uang dapat dilakukan tanpa harus membuka ikatan uang).Setelah perhitungan uang selesai, jumlah nominal akan tertera pada layar yang tersedia. Dengan mesin penghitung uang kategori friction ini, perhitungan uang akan dapat dilakukan dengan lebih cepat dan leluasa bila dibandingkan dengan mesin penghitung uang ketegori friction
  2. Mesin hitung uang kertas type berdiri (standing). Yang membedakan produk mesin hitung uang tipe standing  yang satu dengan yang lain, umumnya dilihat dari kapasitas hopper nya, kecepatan menghitung, kemampuan untuk menghitung berbagai ukuran uang kertas, dan feature tambahan seperti  penutup anti debu dan bising, pilihan berbagai kecepatan menghitung, tambahan LED display dsb. Ada lima merek yang paling populer dipasaran untuk mesin hitung uang kertas tipe berdiri ( standing), dengan 2 merek utama  Glory ( Jepang) dan NCL ( Taiwan). Dari hasil kajian teknis  ada 4 merek yang direkomendasikan  untuk mesin hitung uang berdiri yaitu Glory, NCL, Gunnebo, Laurel dan Cisco.  Kajian ini mempertimbangkan  aspek teknis yang mencakup hal-hal sebagai berikut:  Kapasitas hopper, Kecepatan menghitung, Bentuk display, Uang yang dapat dihitung, Jaringan ASS, Pengalaman, Feature tambahan.
  3. Mesin hitung uang logam adalah mesin yang memiliki kemampuan untuk manghitung uang dalam bentuk logam. Terdapat lima merek mesin hitung uang logam yang banyak terdapat dipasaran Indonesia yaitu Glory, NCL, Gunnebo, Cisco dan laurel. Merk-merk tersebut juga banyak memasarkan mesin penghitung uang kertas yang banyak dipergunakan di oleh kalangan perusahaan perbankan. 

Komponen Mesin Penghitung Uang

 Di dalam mesin hitung uang terdapat komponen utama seperti :

Bagian-bagian yang terdapat pada mesin hitung vacum :

  • Dekstop. Dektop berfungsi sebagai alat untuk mengetahiu sebarapa banyak jumlah uang yang telah di hitung oleh mesin hitung uang
  1. Set function
  2. Manual dan auto start functions

 Komponen utama mesin hitung uang logam yaitu :

1). Hopper

2). Display

3). Rejected coin box

4). Coin thickness

5). Diameter adjustment knob

6). Bag holding tube.

 

Proses penggunaan Mesin Penghitung Uang

Cara  menggunakan mesin penghitung uang adalah sebagai berikut :

  1. Sambungkan mesin hitung uang dengan aliran listrik
  2. Pastikan mesin hitung tersebut dalam keadaan on atau hidup
  3. Dalam mesin hitung uang vacum, uang dapat langsung di masukan ke pengait, pastikan uang tersebut dalam posisi yang benar
  4. Bila dalam mesin hitung Fricition uang dapat dimasukan kedalam tempat yang disediakan (dengan melepas ikatan uang) lalu mesin akan memproses penghitungan, sedangkan secara vacum uang diletakan yang ditempat yang tersedia (tanpa melepas ikatan uang), setelah perhitungan selesai, jumlah nominal akan muncul di display.
  5. Cek display layar ada berapakah banyak uang tersebut, bila telah sesuai dengan yang diinginkan maka proses penggunaan mesin hitung uang telah selesai
  6. Setelah selasai matikan mesin tersebut dan simpan dengan baik. 

 

Dengan menggunakan mesin hitung uang yang baik dan benar dapat membuat mesin menjadi awet. Dibawah in ada beberapa cara untuk merawat mesin hitung uang yaitu :

  1. Mesin hitung uang harus serig dibersihkan dari uang debu paling tidak 1 bulan sekali
  2. Listrik harus senantiasa stabil atau normal
  3. Dalam menghitung uang dengan jumlah besar jangan menghitung sekaligus dalam satu proses penghitungan, sebaiknya proses menghitung 1 ikatan uang, jangan sekali-sekali menghitung uang dalam 2 ikatan uang.

 

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menggunakan mesin hitung uang :

a).  Tegangan atau arus listrik harus stabil. Bila arus listrik tidak stabil dapat mempengaruuhi proses perhitungan dan jumlahnya.

b). Diputaran rotor (spindle) harus bersih

c).  Uang yang akan dihitung jangan terlalu gembung ikatannya. Karena pasti ikatannya tidak akan tepat

d). Peletakan uang harus tepat pada jepitannya, jangan terlalu maju ataupun mundur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s