Printer

Pengertian Printer

Printer adalah alat yang menampilkan data dalam bentuk cetakan, baik berupa teks maupun gambar/grafik, di atas kertas. Printer biasanya terbagi atas beberapa bagian, yaitu penggetil (picker) sebagai alat mengambil kertas dari baki (tray). Baki ialah tempat menaruh kertas. Tinta atau tinta bubuk (toner) adalah alat pencetak sesungguhnya, karena tinta atau tinta bubuk digunakan untuk menulis/mencetak pada kertas.
Perbedaan tinta bubuk dan tinta ialah perbedaan system, tinta bubuk atau laser butuh pemanasan, sedangkan tinta atau sembur tinta tak butuh pemanasan, hanya pembersihan pada hulu pencetak (print-head) tersebut. mencetak di atas kertas, mencetak di kain, kaca, film putih, dan ebonit.
Ada pula kabel lentur untuk pengiriman sinyal dari pengolah pencetak ke tinta atau tinta bubuk. Kabel ini tipis dan lentur, namun kuat. Pada bagian belakang pencetak biasanya ada colokan sejajar atau USB untuk penghubung ke komputer. Pencetak modem merupakan alat canggih.
Perkakasan elektronik yang terdapat dalam sebuah pencetak sama dengan perkakasan elektronik yang terdapat dalam komputer itu sendiri. Pencetak mempunyai enam jenis yaitu jenis Dot-Matrix, jenis Daisy Wheel, jenis Ink-Jet / jenis Bubble Jet, jenis Chain, jenis Drum dan jenis Laser.

Macam-macam printer dapat dibedakan menjadi dot-matrix, laser, dan ink-jet.

  1. Printer Inkjet Merupakan perangkat printer yang menggunakan tinta cair berbagai warna (full colors). Printer ini biasa digunakan untuk mencetak dokumen berupa teks serta gambar yang warnanya beragam. Contoh dari printer Inkjet adalah Canon, Epseon dll
  2. Printer Laserjet Merupakan printer yang mempergunakan tinta serbuk yang hanya bisa mencetak dokumen dengan satu warna. Printer ini hampir sama dengan mesin fotocopy dan pengoperasiannya pun lebih mudah dan cepat.
  3. Printer Dotmatrik Merupakan printer dengan tinta cetak kertas karbon. Banyak orang memanfaatkan printer ini untuk efisiensi waktu dan biaya. Biasanya, printer dotmatrik dipasang di Supermarket atau minimarket untuk mencetak struk hasil pembelian.

Kegunaan atau manfaat printer

bermanfaat untuk mencetak dokumen dari komputer. Perangkat keras tambahan ini telah memberikan manfaat cukup besar bagi aktivitas manusia modern. Kita tentu tahu bahwa perkembangan teknologi semakin pesat. Dan, dalam perkembangan tersebut tak lepat dari aktivitas mencetak berkas untuk keperluan tertentu, semisal dokumen kantor, sekolah dsb. Di situlah perangkat printer komputer digunakan untuk memudahkan pekerjaan manusia.

Namun pada saat ini printer sudah di kembangkan, perkembangan tersebutdibuktikan karena dengan adanya printer multi fungsi yaitu printer yang dapat men scanner dan memfoto copy.

daftar pustaka

http://www.pintarkomputer.com/2014/04/pengertian-dan-jenis-jenis-printer.html

http://komputerflas.blogspot.com/2014/05/pengertian-dan-fungsi-printer.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s