Homemade Yogurt

yogurt minuman yang terbuat dari bahan susu ini sangat menyehatkan. Seperti  kita ketahui sangat bermanfaat sekali untuk melancarkan pencernaan. Pertama kali saya mencoba yogurt rasanya kurang familiar dilidah saya karena rasanya sangat masam dan bau susu mau basi, akan tetapi begitu saya memakan yogurt yang sudah di olah menjadi ice cream ditambah dengan berbagai topping buah dan disitu saya mulai menyukai yogurt …

saya menemukan resep yogurt ini  dikarenakan ada yang menshare di salah satu grup masak di facebook dan begitu mengetahui yogurt bisa kita buat sendiri saya pun langsung tertarik membuatnya. nah ini dia cara membuat homemade yogurt

Bahan :

  • 800 ml susu UHT
  • 100 ml yogurt plain sebagai biang yogurt ( saya menggunakan Biokul)

Cara Membuat :

  • panaskan susu UHT di api kecil kurang lebih 10 menit ( jangan sampai susu mendidih  cukup hingga ada buih di pinggir-pinggir )
  • dinginkan susu yang sudah di panaskan tadi sampai HANGAT KUKU ( hal ini sangat penting karena bila biang yogurt dimasukan saat susu masih panas maka bakteri yang ada di biang akan mati)
  • masukan yogurt plain kedalam wadah yang sudah steril dan masukan susu yang sudah hangat kuku lalu aduk
  • tutup wadah dan tempatkan di tempat yang hangat kurang lebih 8-10 jam. ( saya di taruh di lemari dan ditutup dengan handuk)
  • setelah 8-10 jam yogurt siap di santap.

* note :

setelah sudah 8-10 jam masukan yogurt kedalan kulkas. yogurt ini bisa bertahan sampai seminggu.

bila ingin manis penambahan gula dapat dilakukan pada saat memanaskan susu

pastikan samua peralatan yang digunakan untuk membuat yogurt ini steril

Tinggalkan Balasan

